Xiaomi Official Store

7 Kelebihan dan 3 Kekurangan Buka Bisnis atau Usaha Kuliner Ayam Geprek

Umkm.hakameru.com - Ayam geprek adalah salah satu jenis makanan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Rasa ayam geprek yang pedas, lezat, dan gurih membuat ayam geprek menjadi menu makanan favorit.

Seberapa potensial bisnis atau usaha produk ayam geprek ini, merugikan atau menguntungkan? Apakah bisnis ayam geprek perlu modal besar? Dalam artikel ini Umkm.hakameru.com akan mengulas mengenai keunggulan dan kelemahan jika membuka bisnis atau usaha makanan produk ayam geprek.

Keunggulan kelemahan kelebihan kekurangan ayam geprek - Umkm.hakameru.com
Keunggulan dan kekurangan usaha produk kuliner ayam geprek - Umkm.hakameru.com

Kelebihan atau keunggulan usaha produk ayam geprek

Beberapa keunggulan dan kelebihan membuka bisnis atau usaha produk ayam geprek antara lain:

1. Potensi pasar ayam geprek sangat besar

Tidak hanya di kota besar, ayam geprek juga sangat begitu populer di kota kecil dan daerah-daerah lainnya sehingga potensi pasar produk kuliner ayam geprek begitu besar.

Selain itu, permintaan akan ayam geprek selalu meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat baik untuk membuka dan menjalankan bisnis atau usaha produk makanan ayam geprek.

2. Modal ayam geprek relatif kecil

Membuka bisnis ayam geprek relatif memerlukan modal yang kecil karena menu ayam geprek dibuat dari bahan dasar ayam potong segar dan bahan-bahan lainnya seperti tepung, bumbu, dan bahan-bahan pelengkap yang harganya tidak terlalu mahal dan terjangkau.

3. Tidak perlu tempat usaha yang besar

Bisnis ayam geprek tidak memerlukan tempat usaha yang besar sehingga biaya sewa tempat usaha relatif lebih murah.

Usaha ayam geprek ini juga dapat dijalankan dari rumah yang penjualannya dapat dilakukan secara online sehingga tidak diperlukan adanya tempat atau etalase khusus untuk menjual ayam geprek karena ayam geprek dapat dibuat saat baru ada pesanan yang masuk di aplikasi makanan online.

4. Peralatan yang tidak terlalu mahal

Alat produksi yang dibutuhkan untuk membuat ayam geprek seperti wajan, penggorengan, cobek, peniris minyak, dan alat lainnya tidak terlalu mahal.

5. Proses produksi yang sederhana

Proses pembuatan produk ayam geprek cukup sederhana dan tidak memerlukan mesin-mesin canggih sehingga biaya atau ongkos produksi relatif jauh lebih rendah.

6. Pemasaran yang mudah

Ayam geprek merupakan makanan yang digemari dan familiar alias sudah diketahui oleh banyak orang sehingga ayam geprek mudah diterima oleh pasar. Tidak diperlukan tehnik pemasaran khusus seperti untuk edukasi produk.

7. Usaha ayam geprek dapat dijalankan baik skala kecil atau besar

Bisnis usaha ayam geprek dapat dijalankan dan dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kapasitas modal yang dimiliki.

Dengan kapasitas modal yang cukup, bisnis ayam geprek dapat dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan dan dapat dikembangkan secara optimal.

Kekurangan atau kelemahan usaha ayam geprek

Beberapa kelemahan atau kekurangan membuka bisnis atau usaha produk ayam geprek antara lain:

1. Persaingan yang tinggi

Pebisnis atau pelaku usaha UMKM ayam geprek saat ini sudah sangat banyak dan cukup ketat persaingannya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah penjual ayam geprek yang ada di aplikasi online maupun penjual ayam geprek yang menjual produknya secara offline.

2. Biaya operasional

Biaya operasional tak terduga dalam usaha kuliner ayam geprek ada pada bahan baku yang harganya berubah-ubah alias tidak stabil. Beberapa bahan baku ayam geprek yang berubah-ubah harganya adalah cabai dan ayam potong.

3. Kurangnya inovasi produk

Produk makanan ayam geprek yang sudah ada di pasaran cenderung kurang inovatif dalam menyajikan produk yang ditawarkan sehingga konsumen cenderung bisa bosan dengan produk ayam geprek yang selalu sama.


Jika ingin membuka bisnis atau usaha produk ayam geprek, sebaiknya dipastikan untuk menimbang keunggulan dan kelemahan dari bisnis ini terlebih dahulu. Dengan memperhatikan aspek-aspek kelebihan dan kekurangan usaha ayam geprek tersebut maka keputusan dapat dibuat dengan tepat agar nantinya bisnis ayam geprek dapat berjalan dan dikelola dengan baik.
Next Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi