Xiaomi Official Store

6 Fungsi, Manfaat, atau Kegunaan dari Kode Produksi pada Label Kemasan Produk

Umkm.hakameru.com - Kode produksi biasanya ditemukan pada bagian produk itu sendiri atau di bagian kemasannya. Kode ini juga dapat ditemukan pada dokumen yang berhubungan dengan produk tersebut seperti faktur atau laporan stok.

Fungsi manfaat kegunaan kode produksi pada label kemasan produk - Umkm.hakameru.com
Fungsi manfaat kegunaan kode produksi pada label kemasan produk - Umkm.hakameru.com

Lokasi kode produksi bisa berbeda-beda penempatannya tergantung pada produsen, bentuk kemasan, dan jenis produk yang dihasilkan.

Fungsi kode produksi

Kode produksi juga merupakan faktor penting dari proses produksi. Beberapa fungsi dari kode produksi antara lain yaitu:

1. Mengelompokkan produk

Kode produksi digunakan untuk membagi produk kedalam kelompok produksinya. Pada usaha skala kecil UMKM kode produksi bisa dibagi berdasarkan per adonan, per hari, per tanggal atau lainnya.

Contoh, pada hari ini diproduksi dua kali adonan, adonan pertama pagi menghasilkan 30 bungkus, sedangkan adonan pada sore hari menghasilkan 50 bungkus. Kode produksi yang diberikan dapat dibedakan antara adonan pagi dan adonan sore hari.

Jika produksi berdasarkan hari, maka penulisan kode produksi pada label atau kemasan dapat dikelompokkan berdasarkan hari.

2. Penyebaran dan pelacakan produk

Kode produksi digunakan untuk menentukan ke mana produk akan dikirimkan untuk distribusi dan untuk melacak produk di mana lokasi terjauh yang bisa dicapai produk apakah sesuai dengan tujuan distribusi atau tidak.

3. Memecahkan masalah

Kode produksi memungkinkan produsen mengetahui sumber masalah apabila terjadi komplain dari konsumen sehingga produsen dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut.

Pada saat produsen mengharuskan menarik produk yang mendapat komplain dari konsumen, produsen tidak perlu menarik seluruh hasil produksinya namun yang ditarik dari pasar hanyalah produk yang bermasalah bersama kelompok produksinya yang dapat dilihat dari nomor kode produksi.

4. Bagian sistem manajemen produksi

Kode produksi merupakan bagian penting dari sistem manajemen produksi yang memungkinkan produsen mengetahui informasi pada produk melalui kode produksi misalkan kapan produk dibuat, berapa produk yang dibuat, dan informasi lain yang ada di kode produksi tersebut sesusai yang dibuat produsen.

5. Menjaga keamanan produk

Kode produksi juga digunakan sebagai alat untuk memastikan keamanan produk dengan mengidentifikasi produk asli dari produk palsu.

Produk palsu tentu tidak akan dapat meniru kode produksi barang asli karena tehnik penomoran atau pengkodean kode produksi produk asli hanya pihak produsen asli yang mengetahuinya.

6. Memudahkan Audit

Dengan adanya kode produksi memungkinkan produsen untuk melakukan audit dari produk yang dihasilkan dan memastikan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan standar produksi yang ditentukan.
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi