Xiaomi Official Store

5 Cara Tingkatkan Brand Awareness atau Kesadaran Merek untuk Usaha UMKM

Umkm.hakameru.com - Dalam era digital saat ini, membangun brand awareness adalah hal yang sangat penting bagi UMKM untuk dapat bersaing dengan usaha UMKM lainnya maupun bersaing dengan perusahaan besar.

Brand awareness adalah tingkat kesadaran seseorang apakah itu konsumen atau calon konsumen untuk mengingat dan mengenal adanya keberadaan suatu merek dari sebuah produk atau jasa.

Cara meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness untuk usaha mikro kecil mengengah UMKM - Umkm.hakameru.com
Pentingnya meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness untuk usaha mikro kecil mengengah UMKM - Umkm.hakameru.com



Kesadaran tersebut dapat mempengaruhi keputusan konsumen atau calon konsumen untuk melakukan pembelian dan membantu membangun citra positif untuk bisnis. Dengan kesadaran merek, seseorang cenderung membeli suatu produk yang ia kenal dibandingkan membeli produk yang belum dikenal.

Cara meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek untuk UMKM

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan bisnis dan membangun citra positif bagi merek. Apa saja cara untuk meningkatkan kesadaran merek bagi usaha UMKM?

Umkm.hakameru.com akan uraikan dengan singkat beberapa strategi yang efektif untuk meningkatkan brand awareness UMKM.

1. Membuat situs website untuk usaha UMKM

Website adalah wajah online bisnis oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa website terlihat profesional dan berisi informasi yang lengkap mengenai produk atau jasa UMKM yang ditawarkan mulai dari sejarah usaha, harga, tempat produk atau jasa dapat diperoleh dan informasi lainnya.

Saat ini tersedia berbagai pilihan harga untuk membangun sebuah website. Dengan adanya website tentu dapat membantu memberikan citra positif bagi bisnis dan mempermudah pelanggan menemukan informasi tentang produk atau layanan yang diperlukan oleh konsumen atau calon konsumen.

2. Memanfaatkan media sosial

Menggunakan media sosial adalah cara efektif untuk mencapai audiens yang luas dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Pastikan untuk memposting konten berkualitas secara teratur untuk mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial.

3. Menggunakan jasa influencer

Bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan bisnis dapat membantu meningkatkan brand awareness. Influencer dapat mempromosikan produk atau layanan ke audiens mereka dan membantu membangun citra positif bagi bisnis.

Ada beberapa pilihan dalam menggunakan jasa endorse influencer yaitu di sosial media atau di website atau blog yang tentunya masing-masing saluran tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam membangun brand awareness.

4. Membuat event atau promosi

Membangun kesadaran merek juga dapat ditempuh dengan cara membuat event atau promosi untuk memperkenalkan produk atau layanan baru.

Hal ini dapat membantu menarik perhatian pelanggan dan sekaligus dapat membangun hubungan dengan mereka.

5. Fokus pada pelanggan

Berfokus pada pelanggan dan memenuhi apa kebutuhan mereka adalah cara penting untuk membangun brand awareness.

Pelanggan yang puas dapat merekomendasikan pengalamannya terhadap suatu produk atau jasa kepada teman dan keluarga mereka di mana hal itu dapat membantu meningkatkan kesadaran merek secara organik.


Kesimpulan

Meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness tentu membutuhkan waktu dan usaha agar dapat meraih lebih banyak pelanggan setia serta dapat menciptakan citra bisnis yang positif.

Menerapkan beberapa atau semua dari poin di atas diharapkan dapat membantu mewujudkan brand awareness bagi usaha kecil mikro dan menengah UMKM.
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi