Xiaomi Official Store

Dampak Bagi UMKM jika Sembarangan Ambil dan Pakai Foto dari Internet

Umkm.hakameru.com - Foto merupakan alat promosi yang sangat berguna bagi pelaku UMKM. Mempublikasikan foto produk atau jasa yang ditawarkan dapat menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek.

Saat terkendala membuat foto produk baik karena terbatasnya anggaran, keterbatasan waktu, dan hal lainnya, tak jarang mengambil atau mendownload foto dari internet lalu digunakan ke dalam materi promosi baik digunakan untuk posting di sosial media maupun untuk keperluan cetak menjadi pilihan tercepat.

Faktanya jika mencari sebuah foto di internet, mesin pencari seperti Google, Yahoo!, sampai dengan Bing, hanya bertugas mengumpulkan foto berdasarkan kata kunci pencarian dari bermacam sumber baik dari website ataupun blog. Masing-masing foto yang dikumpulkan tersebut ada pembuatnya, ada ketentuannya, dan memiliki lisensi atas penggunaannya.

Foto produk dan foto promosi untuk UMKM yang harus diperhatikan - Umkm.hakameru.com
Foto untuk keperluan promosi UMKM harus memperhatikan lisensi foto yang diunduh - Umkm.hakameru.com

Apakah boleh dan aman menggunakan foto tersebut untuk keperluan promosi bisnis usaha UMKM?

Macam lisensi foto

Jika ingin menggunakan foto dari internet, terdapat dua lisensi foto yang perlu diperhatikan yaitu

1. Lisensi personal

Foto dengan lisensi personal use atau lisensi personal adalah foto yang boleh digunakan hanya untuk keperluan pribadi tanpa adanya unsur atau tujuan untuk mengambil keuntungan, tidak boleh digunakan untuk tujuan promosi dan transaksi jual beli.

Contoh penggunaan foto dengan lisensi personal, foto yang didownload dicetak sebagai poster untuk dipasang di kamar.

2. Lisensi komersial

Foto dengan lisensi commercial use atau lisensi komersial adalah foto yang boleh digunakan untuk kepentingan komersial, bisnis, usaha, berdagang atau berjualan yang kegiatannya dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan seperti digunakan untuk promosi, dicetak di kemasan, dicetak di flyer, dipasang di spanduk, digunakan dalam iklan, sampai dengan digunakan dipublish di postingan sosial media.

Dampak menggunakan foto lisensi personal untuk keperluan komersil

Berikut ini adalah beberapa akibat yang mungkin saja dapat terjadi bila pelaku UMKM tidak memperhatikan lisensi dan menggunakan foto lisensi personal untuk keperluan komersial:

1. Tuntutan hukum

Penggunaan foto tanpa izin atau tidak sesuai dengan lisensi dapat mengakibatkan adanya tuntutan hukum dari pemilik foto.

Jika terkena gugatan hukum maka akan menimbulkan biaya yang sangat tinggi baik dalam bentuk ganti rugi atau denda. Terkena tuntutan hukum juga dapat menghambat pertumbuhan bisnis UMKM dan menghabiskan banyak waktu.

2. Reputasi usaha menurun

Pelanggan atau orang yang melihat sebuah usaha yang menggunakan materi foto tanpa izin, dapat menganggap usaha UMKM tersebut sebagai pembajak karya orang lain dalam hal ini tidak menghargai hasil karya foto si pemilik foto karena usaha UMKM tersebut menggunakan foto tanpa membayar atau menggunakan foto tidak sesuai lisensinya

3. Hilang dari mesin pencari

Jika pemilik foto keberatan fotonya dipakai tanpa izin atau tanpa lisensi yang sesuai, pemilik foto dapat mengajukan ke mesin pencari seperti Google atau ke DMCA agar konten yang ada di website atau sosial media di mana foto tersebut ditayangkan, tidak akan muncul di hasil pencarian Google atau sosial media lainnya saat dilakukan pencarian.

Hal ini tentu merugikan pemilik UMKM yang menggunakan foto tanpa izin dan lisensi yang tidak sesuai sebab para pelanggan atau netizen tidak akan dapat menemukan produk UMKM tersebut di dunia maya.

Untuk menghindari berbagai masalah yang dapat muncul ini, para pelaku UMKM sebaiknya memastikan hanya menggunakan foto yang memiliki lisensi yang sesuai untuk keperluan komersial usahanya.

Situs website tempat download foto gratis

Di bawah ini Umkm.hakameru.com uraikan secara singkat mengenai hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan foto dari internet berikut tempat downloadnya:

  • Biasanya untuk mendapatkan foto dengan lisensi komersial (commercial use), foto ini terbagi lagi menjadi dua kategori yaitu bisa didapatkan dengan membeli atau berbayar dan bisa didapatkan juga dengan gratis alias cuma-cuma (free for commercial use).
  • Beberapa penyedia foto ada yang mensyaratkan ketentuan penggunaan foto gratis yang akan didownload seperti foto dilarang untuk diedit, harus mencantumkan sumber download saat foto digunakan di dunia maya, dan harus mencantumkan sumber saat foto dicetak. Jika foto tersebut dibeli atau didapatkan dengan cara berbayar maka boleh untuk tidak mencantumkan sumber saat menggunakan foto.
  • Situs website tempat download foto gratis beberapa di antaranya adalah Pexels.com, Pixabay.com, dan Unsplash.com (di Unsplash.com ada yang berbayar dan ada yang gratis). Di website-website ini, foto yang didownload boleh digunakan untuk keperluan personal maupun komersial, boleh diedit, dan dalam penggunaannya boleh tidak mencantumkan sumber.
  • Situs website tempat download foto dan gambar gratis tetapi harus menyertakan sumber yaitu Freepik.com (disediakan juga foto berbayar atau premium).
  • Situs website tempat membeli foto dan gambar berbayar beberapa di antaranya adalah 123rf.com, shutterstock.com, stock.adobe.com, depositphotos.com, dan dreamstime.com. Namun sayangnya pembayaran untuk pembelian foto atau gambar di website-website ini menggunakan kurs Dollar atau Euro karena merupakan situs luar negeri.
  • Kebijakan ketentuan atau syarat penggunaan foto berbeda-beda tergantung dari penyedia download foto masing-masing. Sebaiknya perhatikan info lisensi foto saat mendownload atau mengunduh foto dari internet.
  • Jika ingin menggunakan foto untuk keperluan komersil dan saat mengunduh foto tidak ada keterangan lisensinya apakah berlisensi personal atau komersial, sebaiknya urungkan mendownload dan cari foto lainnya.
  • Jika terdapat sebuah foto dengan lisensi personal namun ingin digunakan untuk keperluan komersil, hubungi pemilik foto dan ajukan permintaan pembelian agar foto tersebut dapat dibeli dan dapat digunakan untuk keperluan komersil.
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi