Xiaomi Official Store

Tita Produksi Makanan Enak dan Sehat dari Bahan Organik Gluten Free

Umkm.hakameru.com - Makanan sehat sangatlah penting karena makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan berbagai macam penyakit lainnya. Namun keberadaan menu makanan sehat saat ini belum begitu banyak bisa dijumpai.

Inilah peluang usaha kuliner yang coba diraih oleh Tita Rosita yang akrab disapa Tita. Tita yang memiliki usaha kuliner sejak 2018 pada akhir tahun 2021 beralih menggunakan bahan-bahan organik dan memutuskan untuk memproduksi makanan sehat.

NYH TIETA UMKM produsen makanan kuliner sehat dengan bahan organik gluten free tanpa gula pasir - Umkm.hakameru.com
Tita dengan produk NYH TIETA dengan bahan organik gluten free tanpa gula pasir - Umkm.hakameru.com


Tita memproduksi makanan sehat organik gluten free seperti aneka pukis gluten free, bapia kukus gluten free, jongkong kelapa muda organik, almond choco cake gluten free, banana cake gluten free, lupis, risol kampung gluten free, hingga minuman tradisional kunyit asam dan gula asam.

Keunggulan dan kelebihan produk makanan sehat organik milik Tita dibandingkan dengan kompetitor, produk makanan organik glutern free Tita menggunakan bahan lokal organik non GMO (Genetical Modified Organism), bebas pewarna, bebas pengembang, bebas pengawet, tanpa gula pasir, dan bebas bahan kimia sintetis.

Pada beberapa produknya, Tita bahkan menggunakan bahan premium lokal organik di mana dari segi rasa sangat bisa di terima dengan baik oleh pasar bahkan Tita sering mendapat repeat order dari para pelanggannya.

Nama usaha NYH TIETA dibuat oleh Tita karena Tita ingin membuat makanan yang sehat dan enak untuk dinikmati karena selama ini makanan sehat indentik dengan rasa plain atau hambar. Huruf N Y H sendiri adalah singkatan dari kata Natural Yummy Healthy yang berarti alami lezat dan sehat sedangkan Tieta diambil dari namanya, Tita.

Keputusan Tita membuat produk kuliner makanan sehat berbahan organik memiliki kisah tersendiri. Berawal dari berbagai gejala post covid yang di alami Tita seperti penurunan berat yang badan drastis, tidak ada nafsu makan, anxiety tinggi dan keluhan lainnya.

Beberapa waktu kemudian Tita sembuh dari berbagai gejala tersebut setelah menjalankan saran dokter untuk mengkonsumsi makanan alami dan bebas gluten.

Jongkong kelapa muda organik produk best seller makanan sehat dari UMKM NYH TIETA - Umkm.hakameru.com
Jongkong kelapa muda organik produk best seller makanan sehat dari UMKM NYH TIETA - Umkm.hakameru.com


Awalnya Tita tidak mengetahui apa itu makanan organik bebas gluten. Ia juga mengalami kesulitan dalam mencari makanan atau cemilan organik dan bebas gluten di sekitarnya.

Menurut Tita, untuk mendapatkan cemilan organik dan bebas gluten, hanya tersedia di toko online dengan harga yang cukup tinggi dan belum termasuk biaya pengiriman.

Karena sulit mendapatkan makanan sehat, Tita kemudian mempelajari bagaimana cara membuat makanan sehat organik gluten free dengan mengikuti kelas online healthy cooking dan baking dengan harapan Tita dapat membuat sendiri makanan sehat yang terjangkau dan bisa dikonsumsi oleh keluarga.

Saat Tita membuat makanan sehat dan diposting di sosial media, ada beberapa teman yang tertarik pada makanan sehat yang ia buat. "Respon makanan sehat ini bagus karena walau dibuat dengan bahan organik, rasanya tetap enak. Bisa dikonsumsi tidak hanya bagi yang memiliki masalah kesehatan saja" ungkap Tita pada Umkm.hakameru.com.

Berdasarkan respon yang positif dan saran yang ia dapatkan, Tita kemudian memutuskan untuk menerima pesanan pembuatan produk makanan sehat gluten free.

Pukis kentang kismis gluten free produk makanan kuliner organik sehat NYH TIETA - Umkm.hakameru.com
Pukis kentang kismis gluten free produk makanan kuliner organik sehat NYH TIETA - Umkm.hakameru.com

Tujuan Tita memilih bahan baku organik gluten free dalam pengembangan usaha NYH TIETA ini adalah untuk memudahkan orang agar dapat dengan mudah mendapatkan makanan yang sehat alami, halal dan tayib baik bagi orang yang memiliki keluhan kesehatan atau pun yang tidak.

Tita yang lokasi bisnisnya berada di wilayah Depok Jawa Barat ini juga menyediakan bahan baku pangan organik seperti beras, tepung lokal organik, bumbu, dan gula. Jika bahan baku organik belum tersedia, Tita menerima pesanan bahan baku dengan sistem PO.

Ketika ditanya apa kesulitan yang dihadapi dalam membuka, menjalankan, dan mengembangkan usaha produk kuliner makanan sehat organik gluten free, Tita menjelaskan pada Umkm.hakameru.com bahwa kesulitannya adalah masih terbatasnya supplier bahan lokal organik yang menyebabkan harga bahan baku organik masih tinggi sehingga mempengaruhi harga jual produknya.

Lebih lanjut mengenai kendala lainnya menurut Tita adalah dalam hal pemasaran karena ia perlu membuat edukasi dan penjelasan yang mudah dan menarik agar produknya bisa diterima oleh pasar.

"Alhamdulillah respon pasar di luar komunitas sedikit bisa mulai tertarik" ujar Tita yang penjualan produknya dilakukan dengan sistem PO melalui WhatsApp bisnis story dan di berbagai komunitas.

Tita memulai bisnisnya dengan modal awal dua juta rupiah dan saat ini mempekerjakan satu orang dengan omzet bulanan berkisar tiga juta rupiah.

Tita yang tergabung dalam organisasi komunitas UMKM MAPAN Pancoran Mas Depok Jawa Barat ini dalam pengembangan bisnisnya ingin membuka toko offline agar konsumen mudah mendapatkan produk siap saji organik dan bahan bakunya dalam satu tempat.

"Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru, tetap yakin dan fokus menjalani nanti hasil akan mengikuti" ucap Tita memberi semangat menjalankan usaha.

Dapatkan produk kuliner sehat organik gluten free NYH TIETA
WhatsApp: 081808860415
Instagram: @nyhtieta
Outlet: Superindo Puri Depok Mas
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi