Xiaomi Official Store

Syarat & Cara Daftar Jadi Anggota UMKM DEPOK MAPAN Kecamatan Pancoran Mas

Umkm.hakameru.com - Anda memiliki kartu tanda penduduk kecamatan Pancoran Mas Depok, memiliki usaha, dan ingin bergabung menjadi anggota organisasi UMKM di wilayah kelurahan Mampang, Pancoran Mas, Rangkapan Jaya, Rangkapan Jaya Baru, Depok Jaya, dan Depok?

Jika Anda ingin mendaftar, Anda dapat bergabung ke UMKM MAPAN. Apa itu UMKM MAPAN?

Organisasi UMKM MAPAN kecamatan Pancoran Mas Depok

UMKM MAPAN (MAPAN singkatan dari nama Mandiri Pancoran Mas) adalah sebuah organisasi UMKM di kecamatan Pancoran Mas Depok Jawa Barat yang dibentuk resmi berdasarkan surat keputusan (SK) camat Pancoran Mas Depok.

Syarat dan cara daftar jadi anggota UMKM DEPOK UMKM MAPAN - Umkm.hakameru.com
Syarat dan cara daftar jadi anggota UMKM DEPOK UMKM MAPAN - Umkm.hakameru.com


UMKM MAPAN merupakan gabungan dari seluruh UMKM yang ada di tiap kelurahan di wilayah kecamatan Pancoran Mas yang terdiri dari:
  • Kelurahan Depok
  • Kelurahan Depok Jaya
  • Kelurahan Rangkapan Jaya
  • Kelurahan Rangkapan Jaya Baru
  • Kelurahan Mampang
  • Kelurahan Pancoran Mas.

Saat artikel ini ditulis, dari pantauan Umkm.hakameru.com, tidak semua organisasi UMKM di Depok tiap UMKM di kelurahannya bersatu dalam satu wadah organisasi UMKM kecamatan seperti halnya UMKM MAPAN.

(Di UMKM MAPAN para pelaku UMKM di tiap kelurahan yang berada di kecamatan Pancoran Mas bersatu di wadah organisasi UMKM MAPAN. Tetapi, di kecamatan lain di Depok di luar wilayah kecamatan Pancoran Mas ada organisasi UMKM kelurahan yang berdiri sendiri dan belum berbaur menjadi satu di organisasi UMKM kecamatan)

Syarat pendaftaran

Untuk menjadi member ukm MAPAN persyaratannya adalah sebagai berikut


  1. Memiliki KTP kecamatan Pancoran Mas Depok
  2. Memiliki atau menghasilkan produk sendiri (produk utamanya bukan produk milik orang lain atau merek lain)
  3. Foto produk yang dihasilkan
  4. Foto kartu tanda penduduk

Gratis biaya pendaftaran

Saat ini untuk menjadi anggota UMKM MAPAN gratis tanpa dipungut biaya dengan rincian:

  1. Gratis biaya pendaftaran
  2. Gratis biaya formulir
  3. Gratis biaya iuran mingguan, bulanan, atau tahunan


Adapun biaya yang ada dikenakan jika:
  1. Member atau anggota mengikuti bazar yang diadakan oleh UMKM MAPAN.
    (Biaya dikenakan 5% hanya untuk total produk yang terjual saja dalam bazar tersebut. Dana akan dimasukkan ke kas UMKM MAPAN dan akan digunakan untuk kegiatan anggota)
  2. Member mengikuti pengadaan snack box atau nasi box
    (Biaya dikenakan 5% untuk total produk yang disertakan saja dalam paket nasi box atau snack box. Dana tersebut akan dimasukkan ke dalam kas keuangan UMKM MAPAN).

Bidang usaha yang dapat didaftarkan

Bidang usaha yang dapat didaftarkan adalah yang dapat menghasilkan produk sendiri. Saat ini kategori usaha yang terdaftar dan ada di UMKM MAPAN adalah:
  1. Kuliner
  2. Craft
  3. Fashion
  4. Jasa (misal sablon, dsb)
Apakah menjual produk orang lain atau merek lain seperti toko kelontong, menjual pulsa, menjual token listrik, dll, dapat bergabung di organisasi UMKM MAPAN?

Persyaratan bergabung di UKMM MAPAN adalah memiliki atau menghasilkan produk sendiri. Maka dengan demikian jika produk yang dijual adalah produk orang lain atau produk merek lain (tidak memiliki produk utama yang merupakan produk hasil produksi sendiri) maka tidak dapat bergabung ke UMKM MAPAN.

Bantuan dana dari pemerintah untuk pelaku UMKM

UMKM MAPAN tidak menyalurkan dan bukan penyalur bantuan dana dari pemerintah untuk UMKM. Kewenangan penyaluran dana bantuan untuk pelaku UMKM ada pada dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, kepolisian, dan perbankan seperti BNI dan BRI.

Grup WhatsApp

Setelah member terdaftar di UMKM MAPAN maka member tersebut akan dimasukkan oleh pengurus UMKM MAPAN ke dalam grup WhatsApp (grup WA kelurahan) sesuai dengan wilayah kelurahan di KTPnya lalu dimasukkan ke grup utama (grup kecamatan) yang merupakan grup gabungan UMKM MAPAN dari seluruh kelurahan di kecamatan Pancoran Mas.

Cara daftar dan bergabung

UMKM MAPAN adalah organisasi UMKM kecamatan di kota Depok yang pertama kali memiliki website.

Untuk menjadi member atau anggota UMKM MAPAN informasi lengkapnya ada di website UMKM MAPAN yang beralamat di www.umkmmapan.org di bagian atau menu pendaftaran.
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi