Xiaomi Official Store

Usaha Seni Kreatif RoepaKreasi dari Limbah Kayu dan Paralon PVC Ramah Lingkungan

Umkm.hakameru.com - Anda sedang mencari produk seni unik kreatif seperti sketsa wajah pensil charcoal, lukis kayu, poster lukis quote kayu, poster vinyl, kaligrafi kayu, kreasi paralon PVC, kreasi kayu jati Belanda atau custom product? Produk seni kreatif berkualitas tersebut dapat Anda pesan dan peroleh di RoepaKreasi milik Ruri.

Usaha membuat produk kreatif yang dijalankan oleh Ruri saat ini dibangunnya melalui jalan yang berliku. Berawal dari sulitnya mencari lowongan pekerjaan, Ruri memutuskan untuk berjualan pulsa bersama teman karena Ruri melihat banyaknya pengguna baru handphone dan ada peluang untuk menjual pulsa handphone saat itu.

Makin lama, makin banyak bermunculan usaha penjualan pulsa dan aksesoeis serupa seperti yang Ruri jalankan. Karena makin menjamurnya penjualan pulsa, akhirnya Ruri bersama teman menutup usaha karena merasa tidak siap menghadapi perubahan, pertumbuhan, dan persaingan usaha yang ada. "Usaha itu saya jalankan selama kurang lebih 3 tahun" kisahnya.

Ruri penghasil produk seni handmade kreatif dari bahan ramah lingkungan - umkm.hakameru.com
Ruri penghasil produk seni handmade kreatif dari bahan ramah lingkungan - Umkm.hakameru.com


Ruri kembali menganggur dan bekerja serabutan selama kurang lebih 2 tahun. Terlintas dalam benak Ruri ingin mencari pekerjaan namun Ruri berpikir untuk tetap Mandiri. "Pada tahun 2014 saya memulai usaha kembali yakni membuat sepatu Lukis. Usaha itu saya jalankan karena saya punya kemampuan menggambar dan melukis" lanjutnya bercerita.

Usaha sepatu lukis yang ia jalani juga tidak berlangsung lama karena tempat usaha sepatu lukisnya terkena penggusuran lahan. Usaha sepatu lukisnya berhenti karena kehabisan modal.

Disela waktu memikirkan untuk memulai usaha kembali, Ruri mencoba membuat beberapa sketsa dan gambar. "Inilah awal terbentuknya usaha RoepaKreasi yang sampai sekarang saya geluti dengan modal awal satu juta rupiah dengan omzet sekitar satu sampai dua juta rupiah dan sekarang omzetnya mengalami peningkatan" ucapnya.

Gambar sketsa wajah menggunakan pensil charcoal dan lampu hias dari kayu jati belanda dan paralon PVC karya Ruri RoepaKreasi - Umkm.hakameru.com
Sketsa wajah menggunakan pensil charcoal (kiri) lampu hias dari kayu jati belanda dan paralon PVC (kanan) karya Ruri - Umkm.hakameru.com

"Produk saya basicnya seni dan kreativitas. Produk yang saya buat sangat dinamis dan saya dituntut untuk kreatif tetapi elemen dasar karya saya adalah limbah kayu dan paralon pvc" tambahnya.

Nama Roepa_Kreasi sebenarnya bukan nama merek pertama di usaha Ruri ini. Pada awalnya Ruri menggunakan nama usaha N5 LapaKreasi. Ruri merasa sulit untuk penentuan nama merk agar lebih mewakili produk, berkarakter, mudah diingat, dan eyecatching.

Nama RupaKreasi sendiri berasal dari singkatan kata Ruri punya Kreasi yang dirubah menjadi RoepaKreasi untuk menampilkan ejaan lama dari kata Ru menjadi Roe.

"Filosofi RoepaKreasi Roe dari akronim Roeri datang dari nama saya karena nama adalah doa dan harapan untuk kreasi dari Produk yang dibuat secara handmade dan penuh kreatifitas" jelasnya pada Umkm.hakameru.com.

Ruri terus berinovasi dalam berkarya. Ruri memutuskan menggunakan media kayu sebagai bahan utamanya karena ketersediaan stok dan produk yang dihasilkan menjadi lebih unik.

Karya lukis Ruri RoepaKreasi di media kayu dan lampu yang terbuat dari jati belanda - Umkm.hakameru.com
Karya lukis Ruri di media kayu dan lampu yang terbuat dari jati belanda - Umkm.hakameru.com

Respon pasar saat Ruri memasarkan produknya, Ruri mendapatkan customer yang bertanya keheranan padanya apakah ini benar dibuat oleh Ruri sendiri karena produk hasil buatannya sangat bagus. "Respon pasar sangat positif karena produk saya jarang ada di pasaran" ujarnya.

Menurutnya hambatan atau rintangan dalam memulai usaha ini adalah harus memiliki kreatifitas dan kemampuan seni, memiliki sarana dan prasarana penunjang produksi, menguasai pengelolaan manajemen, administrasi dan teknologi baik untuk operasional maupun marketing.

Keunggulan atau kelebihan dari produk yang dibuat oleh Ruri yaitu handmade dan ramah lingkungan karena Ruri menggunakan atau memanfaatkan limbah kayu atau PVC sebagai bahan dasar. Selain itu custom produknya unik karena memiliki unsur kreativitas dan seni yang tinggi.

Ruri RoepaKreasi Penghasil Produk Seni Handmade Ramah Lingkungan Dari Limbah Kayu dan PVC - Umkm.hakameru.com
Ruri mendapat tugas menggambar sketsa Walikota dan Ibu Walikota Depok dari jajarannya dan hasil sketsanya langsung diserahkan kepada Walikota Depok Mohammad Idris di acara DEPOK EXPO 2022 yang berlangsung di balaikota Depok - Umkm.hakameru.com

Ruri mengungkapkan ingin mengembangkan usahanya dengan perencanaan bisnis yang jelas, pembenahan sistem administrasi dan manajemen, pembentukan sistem produksi yang berkelanjutan, dan pembenahan kualitas produk.

Selain itu Ruri juga berencana menambah perangkat produksi, membentuk tim yang solid, mendalami digitalisasi marketing dan memiliki workshop yang lebih proporsional.

Ruri yang tergabung di beberapa komunitas UMKM MAPAN, Depok Kominfo, Depok Jabar Juara, UMKM Indonesia Network, dan Moselo Expert Jabodetabek ini juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller produknya.

"Apapun yang ada dibenak Anda tentang apa itu usaha, mulai dan lakukan. Jangan terlalu banyak berpikir. Rencana, kehebatan atau apapun itu akan menjadi indah dan lebih berarti ketika kita berani memulai dan melakukan" ucapnya memberi tips memulai usaha menutup sesi wawancara.

Untuk mendapatkan produk RoepaKreasi, dapat menghubungi Ruri melalui link di bawah ini
WhatsApp: 081287494494
Instagram: @roepa_kreasi
Tokopedia: Roepa_Kreasi
Google Maps: RoepaKreasi
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi