Xiaomi Official Store

Bolen Enak di Depok dari Bahan Premium Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Umkm.hakameru.com - Jika Anda sedang mencari dan ingin membeli bolen enak dari kota Depok Jawa Barat baik untuk oleh-oleh, dikonsumsi sendiri, atau ingin Anda jual kembali sebagai reseller, Bolen Pisang Putri Sari Sungkay patut untuk dicoba.

Putri Sari Sungkay adalah usaha kuliner milik Asikin Muchtar, B.Ac, S.Sos, MM. yang dimulai sejak 10 April 2010 dengan modal awal sebesar dua puluh juta rupiah dengan nama awal Putri Sari. Asikin memulai usahanya tersebut bersama dengan saudaranya yang berasal dari Lampung.

Karena belum memiliki karyawan, Asikin mengambil bagian di bidang marketing sedangkan saudaranya fokus di bagian produksi sebab saudaranya tersebut ahli dibidang bolen. Saat itu Asikin masih aktif bekerja di kementerian pertahanan.

Produk UMKM bolen pisang enak di Depok bolen Putri Sari Sungkay - Umkm.hakameru.com
Bolen pisang enak di Depok bolen Putri Sari Sungkay - Umkm.hakameru.com


Selain menjual bolen keliling Asikin juga menawarkan produk bolennya kepada para ketua RT di sekitar tempat tinggalnya sebab saat itu Asikin berkecimpung di Rukun Warga (RW).

Mengetahui respon yang baik dari pasar akan produk bolennya ia memutuskan untuk lebih serius dan menambah jumlah produksi bolen dan belum sampai satu tahun ia sudah memiliki tujuh unit sepeda motor dengan box untuk pengantaran produk bolen pisangnya.

Di tengah perjalanan usahanya, Asikin menjalani usaha bolennya sendiri sebab saudaranya yang berasal dari Lampung memutuskan untuk kembali ke Lampung.

Hambatan dalam menjalani usaha pernah Asikin alami seperti pada saat adanya wabah corona beberapa waktu lalu yang berdampak pada sepinya pembeli dan mengakibatkan outletnya banyak yang harus tutup.

Asikin yang saat ini sudah memiliki dua puluh karyawan dan beromzet puluhan juta rupiah perbulannya ini juga pernah mengalami masalah lain dalam menjalani usaha. “Ada mantan karyawan saya yang juga membuat produk bolen, beroperasional di sekitar wilayah penjualan saya, dan berusaha mengambil konsumen setia bolen saya. Tapi untuk resep adonan bolen hanya saya dan keluarga yang mengetahuinya” ucap Asikin pada Umkm.hakameru.com.

“Untuk mengatasi hal tersebut saya tetap bersabar, terus menjaga kualitas produk, dan sering memberikan harga promo” ujar Asikin.

Problem lainnya yang ia hadapi saat menjalani usaha bolen adalah tidak adanya bahan baku pisang yang menjadi bahan utama pembuatan bolennya saat musim kemarau.

Dalam memasarkan produk bolennya, selain melalui outlet-outletnya, ia juga menjual produk bolen melalui para reseller. “Dibanding bolen merek lain, bolen buatan saya harganya lebih terjangkau” jelas Asikin.

Asikin yang memiliki sebelas kios yang beberapa di antaranya berada di Pondok Labu, Citayam, Pondok Cina, dan pertigaan Parung Bingung Sawangan ini juga memasarkan produknya melalui website.

“Dengan adanya website membuat omzet saya meningkat. Produk Bolen Putri Sari Sungkay di website dapat dilihat oleh orang banyak di seluruh dunia tanpa login, tanpa membuat akun, dan tanpa melakukan pertemanan lebih dulu” ucapnya pada Umkm.hakameru.com.

Menurutnya, dengan ia membuat website, produknya lebih dipercaya dibandingkan jika ia hanya memiliki sosial media. “Di website ada nomor kontak, izin edar dan halal. "Sebaiknya teman-teman pengusaha memiliki website untuk usahanya karena banyak manfaatnya bagi usaha yang dijalankan” saran Asikin.

Bahan baku merupakan keunggulan dari produk Bolen Putri Sari Sungkay dibandingkan dengan produk bolen lainnya. Asikin yang merupakan warga kelurahan Rangkapan Jaya Baru Depok ini menggunakan bahan baku premium dari cokelat, keju, hingga mentega yang membuat rasa produk bolennya begitu spesial.

Bolen pisang Putri Sari Sungkay memiliki beberapa pilihan rasa di antaranya bolen keju, bolen durian, bolen cokelat, dan bolen tape. Selain bolen, Asikin juga memproduksi roll cokelat dan roll keju.

Asikin tidak mempermasalahkan mendapatkan margin yang kecil karena menggunakan bahan premium sebab ia berprinsip ia dapat membuat lapangan pekerjaan dan dapat mensejahterakan karyawannya. “Saat ini mencari pekerjaan itu sulit. Kita tidak boleh memikirkan diri kita sendiri” ucap Asikin.

Menurutnya produk Bolen Putri Sari Sungkay sudah dikenal di wilayah Bogor, Jakarta, dan Depok. “Sering saya mendapat pesanan dari customer untuk pulang kampung, oleh-oleh, kondangan, dan acara yang lainnya. Pernah juga ada yang langsung memesan sebanyak seratus tiga puluh box bolen” jelasnya.

Asikin juga kembali menjelaskan, panitia pendidikan dari kementerian juga kerap memesan Bolen Putri Sari Sungkay untuk dibawa pulang oleh siswa-siswanya yang artinya produk bolen pisang Putri Sari Sungkay sudah dikenal oleh banyak masyarakat di Indonesia. Teman-temannya yang pergi keluar negeri seperti ke Jepang, Malaysia, Singapura, Amerika, Turki. Juga sering membawa produk Bolen Putri Sari Sungkay.

Asikin yang tergabung di AIKD (Asosiasi Industri Kreatif Depok) dan komunitas UMKM MAPAN (Mandiri Pancoran Mas) kecamatan Pancoran Mas Depok mengatakan dengan bergabungnya ia di komunitas tersebut dapat membantu dirinya mempromosikan produk Bolen Putri Sari Sungkay. "Produk bolen Putri Sari Sungkay jadi makin dikenal” ujarnya.

Bimbingan dari dinas terkait di kota Depok untuk para pelaku UMKM juga dirasakan manfaatnya seperti, PIRT, halal, hingga pelatihan membuat kemasan.

Produk UMKM Depok bolen enak di Depok Bolen Putri Sari Sungkay - Umkm.hakameru.com
Produk UMKM Depok bolen enak di Depok Bolen Putri Sari Sungkay - Umkm.hakameru.com


Menurutnya, salah satu hal yang paling penting dari suatu produk adalah kemasan. "Bolen Putri Sari Sungkay dengan desain kemasan bolen yang sekarang dapat menarik perhatian konsumen dan bisa menambah omzet” ungkapnya pada Umkm.hakameru.com.

Saat Asikin merubah desain kemasan dari kemasan yang lama beralih ke desain kemasan yang baru di jasa desain kemasan, ia juga sekaligus mengganti nama usahanya yang sebelumnya Bernama Putri Sari menjadi Putri Sari Sungkay.

Nama bolen Putri Sari Sungkay menurut Asikin diambil dari nama Putri yang merupakan nama anak perempuannya, nama Sari diambil dari kata Sari, dan kata Sungkay diambil dari wilayah tempat asal Asikin di daerah Lampung.

Asikin berharap ke depannya ia memiliki toko yang besar dan usahanya makin berkembang. Dengan begitu ia dapat menampung tenaga kerja lebih banyak sebab ia berharap usaha bolennya dapat bermanfaat bagi banyak orang.

“Bagi teman-teman mau memulai usaha jangan takut memulai usaha dan bagi yang ingin menjadi reseller silahkan menghubungi saya” ucapnya di akhir wawancara dengan Umkm.hakameru.com.

Kontak Bolen Depok Putri Sari Sungkay
WhatsApp: 0813-1622-0512 / 0856-9330-6330
Website: www.putrisarisungkay.com
Next Post Previous Post


Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com



Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id




OPPO Official Store Garansi Resmi